PENGENALAN
KOMPUTER
Definisi Komputer
Istilah Komputer (Computer) diambil dari bahasa
latin Computare yang berarti menghitung ( to Computer ).
Beberapa definisi tentang komputer :
- Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)
Komputer adalah suatu alat elektronika
yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
·
Menerima
input
·
Memproses
input tadi sesuai dengan programnya
·
Menyimpan
perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
·
Menyediakan
output dalam bentuk informasi
- Menurut buku Computer Today (Donald H.Sanders) :
Komputer adalah sistem elektronik untuk
memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan
supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan
menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah
instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
- Menurut buku Computer Organization (V.C.Hamacher, Z.G.Vranesic, S.G.Zaky)
Komputer adalah mesin penghitung
elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya
sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan
menghasilkan output informasi.
- Menurut buku Introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M.Fuori) :
Komputer adalah suatu pemroses data
(data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat,
termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur
tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.
Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat
disimpulkan bahwa komputer adalah
1. Alat elektronik
2. Dapat menerima input data
3. Dapat mengolah data
4. Dapat memberikan informasi
5. Menggunakan suatu program yang
tersimpan di memori komputer (stored program).
6. Dapat menyimpan program dan hasil
pengolahan
7. Bekerja secara otomatis
Program adalah kumpulan dari instruksi atau
perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan
fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
PENGOLAHAN DATA
ELEKTRONIK
Pengolahan Data Elektronik (PDE) atau Electronic
Data Processing (EDP) adalah pengolahan data dengan menggunakan komputer.
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu
kenyataan.
Data dapat berupa angka-angka, huruf-huruf atau
simbol-simbol khusus atau gabungan darinya.
Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi
dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti berupa
informasi.
Informasi (information) adalah hasil dari kegiatan
pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih berarti dari suatu kejadian.
Jadi PDE atau EDP adalah manipulasi dari data ke
dalam bentuk yang lebih berarti berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu
alat elektronik yaitu komputer.
SIKLUS PENGOLAHAN DATA
Suatu proses pengolahan data terdiri dari 3
tahapan dasar yang disebut dengan siklus pengolahan data (data processing
cycle), yaitu input, processing dan output.

SISTEM KOMPUTER
Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yang
saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan
pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah
data untuk menghasilkan informasi, supaya tujuan pokok tersebut terlaksana,
maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. Elemen-elemen dari sistem
komputer adalah software, hardware dan brainware.
Hardware (perangkat keras/piranti keras) adalah
peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah.
Software (perangkat lunak/piranti lunak) adalah
program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data.
Brainware adalah manusia yang terlibat di dalam
mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
KEMAMPUAN KOMPUTER
Kemampuan komputer yang paling menakjubkan adalah
kecepatannya. Komputer dapat melakukan suatu operasi dasar, seperti misalnya
perhitungan pertambahan atau pengurangan, dalam waktu yang sangat cepat, yaitu
dalam satuan millisecond, microsecond, nanosecond atau picosecond.
Kemampuan komputer lain yang menakjubkan adalah
ketepatannya. Kalau manusia lelah, maka mentalnya akan luluh yang akan
berakibat kecenderungan untuk melakukan kesalahan. Sebaliknya karena komputer
tidak mempunyai mental dan tidak mengenal lelah maka komputer tidak akan
mengalami kesalahan.
Komputer akan mengalami kesalahan, bilamana
- komponennya rusak
- Data yang dimasukkan salah, maka hasilnya akan salah.
Suatu istilah komputer yang cukup
populer, yaitu GIGO (Garbage In Garbage Out) yang berarti sampah yang masuk,
sampah pula yang keluar. Jadi kalau data yang dimasukkan salah, maka hasilnya
akan salah. Sebaliknya bila data yang dimasukkan benar, maka hasilnya akan
benar (Gold In Gold Out), emas yang masuk, emas pula yang keluar.
Disamping komputer yang mempunyai kemampuan untuk
beroperasi dengan cepat dan tepat, juga mempunyai kemampuan yang lain, yaitu
mempunyai ingatan (memori) yang besar.
PERBANDINGAN KEMAMPUAN
MANUSIA DENGAN KOMPUTER
Hal yang dibandingkan
|
Manusia
|
Komputer
|
Kecepatan
|
Relatif lambat
|
Sangat cepat
|
Ketepatan
|
Mudah salah
|
Tepat
|
Daya tahan memproses
|
Cepat lelah
|
Tidak kenal lelah
|
Kemampuan mengingat
|
Kurang akurat
|
Akurat
|
Kemampuan mengikuti perintah
|
Kurang baik
|
Baik
|
Kemampuan berinisiatif dan beradaptasi
|
Sangat baik
|
Jelek
|
Kemampuan membuat pertimbangan dan peramalan
|
Sangat baik
|
Jelek
|
CARA MENGUASAI KOMPUTER
Ada 3 tahapan seseorang dapat menguasai
dan menggunakan komputer dengan baik dan berhasil, yaitu :
- Membaca buku-buku komputer.
Membaca adalah cara yang terbaik supaya
anda dapat meningkatkan pengetahuan dan memahami dunia komputer. Anda dapat
membaca buku-buku teks tentang komputer.
- Mencoba langsung pada suatu komputer.
Dengan mencoba langsung pada suatu
komputer, anda akan mempunyai pengalaman dan lebih tahu tentang apakah komputer
itu sesungguhnya.
- Menulis Suatu program komputer
Setelah anda membaca buku-buku tentang
komputer dan telah mencobanya langsung sehingga sudah terbiasa dengan komputer,
maka anda akan lebih tertarik ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu ingin menulis
suatu program aplikasi sendiri.
SEJARAH
KOMPUTER
- Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
Ciri-ciri Sebagai berikut :
- Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (vacumm Tube) untuk sirkuitnya.
- Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language)
- Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
- Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas
- Cepat panas, sehingga diperlukan alat pendingin
- Prosesnya kurang cepat
- Simpanannya kecil
- Membutuhkan daya listrik yang besar
- Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis
Contoh :
·
IBM
– 650
- Komputer Generasi Kedua (1959 – 1964)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen
yang digunakan adalah transistor untuk sirkuitnya
·
Program
dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (High Level Language)
·
Menggunakan
simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk
atau disk pack
·
Ukuran
fisik komputer lebih kecil dibandingkan dengan komputer generasi pertama
·
Proses
operasi sudah cepat, dapat memproses jutaan operasi per-detik
·
Membutuhkan
lebih sedikit daya listrik
·
Oriesntasinya
tidak hanya pada aplikasi bisnis, tetapi juga ke aplikasi teknis
Contoh :
·
IBM
– 1620
·
IBM
– 1401
- Komputer Generasi Ketiga (1964 – 1970)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen
yang digunakan adalah IC (Integrated Circuit)
·
Peningkatan
dari softwarenya
·
Lebih
cepat dan lebih cepat
·
Kapasitas
memori komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter
·
Menggunakan
penyimpan luar yang sifatnya random access
·
Penggunaan
listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya
·
Memungkinkan
untuk melakukan multiprocessing dan multiprogramming
·
Harga
semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya
·
Kemampuan
melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya, misalnya
lewat alat komunikasi telepon
Contoh :
·
IBM
– S/370
·
UNIVAC
1106
- Komputer Generasi Keempat (1970 – 1980)
Ciri-ciri sebagai berikut :
·
Komponen
yang digunakan adalah CHIP dan Microprosesor.
·
Semua
kemampuan lebih baik dari generasi sebelum-sebelumnya.
Contoh :
·
IBM
– 370
- Komputer Generasi Kelima (1980 – sekarang)
Cirinya adalah komputer sistem window
dan menggunakan mouse pada personal computer (PC).
PENGOLAHAN
DATA DENGAN KOMPUTER
PENGERTIAN DATA DAN
INFORMASI
Kegiatan pengolahan data sudah dimulai sejak
dahulu sejalan dengan perkembangan sistem catat mencatat, yaitu disaat kegiatan
manusia sudah semakin banyak sehingga sukar bagi manusia untuk mengingatnya.
Kegiatan catat mencatat ini dilakukan diberbagai bidang pekerjaan baik oleh
perorangan, perusahaan atau pemerintahan. Dengan semakin bertambahnya jumlah
dan arti Data bagi manusia maka mereka berusaha untuk membuat alat yang dapat
menggantikan manusia dalam hal catat-mencatat atau administrasi ini.
Hal ini terjawab oleh kemajuan teknologi manusia
dengan diciptakannya KOMPUTER sebagai alat pengganti tersebut. Kegiatan
catat-mencatat inilah yang sekarang disebut orang dengan istilah DATA
PROCESSING. Pada saat ini kegiatan Data Processing ini sudah makin luas, baik
dalam kegiatan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan, komersil/bisnis
maupun kegiatan pemerintahan, sehingga data yang diolahpun akan bermacam-macam
jenisnya sesuai dengan bidang pekerjaan tersebut. Data yang diolah di sini bisa
berupa dokumen, surat,
kata, bagan, grafik, kondisi, situasi, ide, objek dll yang bisa kita tata.
Jadi data tersebut bisa berupa kartu
pegawai, daftar mahasiswa, daftar persediaan barang, catatan pemakai listrik,
daftar penjualan barang, absensi murid dan lain sebagainya.
Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan
bahwa data tersebut merupakan bahan yang akan diolah menjadi suatu bentuk yang
lebih berguna dan lebih mempunyai arti. Sedangkan informasi adalah hasil
pengolahan data atau hasil proses dari data tersebut.
Setelah dilakukan pengolahan, maka sifat data akan
berubah sehingga bertambah kegunaannya yang dapat dipakai untuk suatu tujuan
tertentu atau untuk analisis dan pengambilan keputusan. Biasanya informasi
terdiri dari “Selected Data” yaitu data yang terpilih, tergabung dan disusun
sesuai dengan kebutuhan dari pemakai data, masalah waktu, tempat dan fungsinya.
![]() |
Proses perubahan dari data menjadi informasi
merupakan fungsi utama dari pengolahan data.
PENGOLAHAN DATA DENGAN
KOMPUTER
Komputer adalah mesin pengolah data yang
diciptakan manusia dengan tujuan memberikan jalan untuk mempertinggi
produktivitas.
Produktivitas dapat ditingkatkan dalam pengertian
:
- Dengan mempergunakan komputer kesanggupan mengolah data atau memecahkan masalah akan lebih besar dengan mutu yang lebih baik.
- Dengan mempergunakan komputer sebagai pengolah data atau pemecahan suatu masalah dapat lebih cepat terselesaikan
- Dengan mempergunakan komputer, pengolahan data atau pemecahan masalah dapat dilaksanakan lebih teliti dan lebih efektif.
Jika ditinjau dari segi fungsionil, komputer itu
bisa kita anggap sebagai pelaksana tugas, agar pekerjaan bisa diselesaikan
secara baik dan effisien, maka pengolah data harus ada paling sedikit 3
persyaratan :
- Kumpulan data atau INPUT yang akan diolah.
- Prosedur pengolahan atau prosessing yang telah direncanakan.
- Hasil atau OUTPUT yang diinginkan dan akan dipergunakan untuk melakukan tindakan-tindakan selanjutnya.
![]() |
Mesin komputer sebagai pelaksana tugas tidak jauh
berbeda dengan manusia yang juga sebagai pelaksana tugas.
Marilah kita tinjau pelaksanaan tugas yang
dilakukan oleh manusia dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh komputer.
- PROBLEMA DAN DATA
Proses pelaksanaan tugas baru timbul,
jika ada tugas atau ada persoalan yang dikerjakan atau dipecahkan. Untuk
pemecahan masalah tersebut haruslah tersedia datanya.
- INSTRUKSI ATAU PROGRAM
Bagaimana pemecahan persoalan, hendak
diapakan data tersebut harus dijelaskan pada pelaksanaan tugas. Dengan
perkataan lain harus ada instruksi yang menegaskan tentang hendak diapakan data
tersebut, dan bagaimana pelaksanaan tugas pemecahan problemanya supaya
diperoleh hasil yang diinginkan.
Jika si pelaksana tugas tersebut adalah
komputer, maka instruksi tersebut harus kita susun menjadi suatu PROGRAM yang
disebut dalam suatu bahasa yang dapat diterjemahkan oleh Kompilator ke dalam
bahasa mesin sehingga komputer dapat mengerti.
- BAHASA PEMROGRAMAN (PROGRAMMING LANGUAGE)
Dalam memberikan instruksi ini haruslah
disampaikan dalam suatu bahasa. Untuk manusia sebagai pelaksana tugas,
instruksi tersebut bisa kita sampaikan dengan lisan atau dengan suatu tulisan
yang bisa dimengerti oleh pelaksana tugas tersebut.Komputer sebagai pelaksana
tugas dapat menerima instruksi dengan bahasa yang dapat dimengerti olehnya.
- ALAT PERANTARA ATAU INPUT MEDIA
Instruksi yang sudah dinyatakan dalam
bahasa tersebut diatas, haruslah disampaikan kepada pelaksana tugas melalui
alat perantara (media). Alat perantara untuk menyampaikan instruksi tersebut
kepada pelaksana tugas inilah yang dimaksud dengan MEDIA. Jika instruksi kita
tuliskan pada kertas, maka kertas tersebut kita sebut sebagai input.
- PENTERJEMAH ATAU KOMPILATOR (COMPILER)
Instruksi yang telah dinyatakan dalam
bahasa dan disampaikan melalui media input tersebut haruslah dimengerti oleh
pelaksana tugas. Jika instruksi tersebut tidak dimengerti oleh pelaksana tugas,
haruslah dicarikan penterjemahnya. Dalam bahasa komputer penterjemah ini
disebut Kompilator. Dengan adanya kompilator inilah komputer bisa mengerti akan
instruksi yang kita berikan padanya.
- LOGIKA & ARITMATIKA
Dalam memecahkan suatu problema atau
masalah, maka perlu dicarikan cara dan bagaimana jalan yang terbaik agar
masalah tersebut bisa terselesaikan. Dalam pemecahan masalah ini biasanya
diperlukan suatu logika (logic) dan suatu perhitungan-perhitungan (arithmatic)
yang diperlukan.
- DAYA INGAT (MEMORY)
Logika dan perhitungan aritmatika
tersebut baru dapat dimanfaatkan dalam pemecahan masalah jika disertai dengan
INGATAN yang kuat. Cara berfikir yang logis dan daya ingat yang kuat sangat
membantu dan mempermudah dalam penyelesaian suatu tugas. Dalam bahasa komputer
daya ingat ini kita sebut MEMORI dari komputer tersebut.
- PENGALAMAN/LIBRARY
Berhasil atau tidaknya pelaksanaan
tugas biasanya tergantung dari pengalaman yang dimiliki. Pengalaman yang banyak
sangat berguna dalam penyelesaian tugas-tugas tersebut. Dalam komputer,
pengalaman tersebut dinamakan LIBRARY PROGRAM. Bagi manusia sebagai pelaksana
tugas, kesanggupan otak ini sangat terbatas, tetapi manusia dapat memanfaatkan
buku-buku yang berisikan teori yang berguna dan bermanfaat. Begitu juga dengan
komputer Library program yang besar, sangat membantu kesanggupannya dalam
memecahkan masalah.
- MEDIA OUTPUT SERTA HASIL PEMROSESAN
Hasil yang diperoleh tergantung dari
data yang tersedia untuk diolah. Prinsip “GARBAGE IN GARBAGE OUT” berlaku,
yaitu jika data yang diolah tidak sempurna atau salah, maka hasil yang
diperoleh juga tidak akan baik. Jenis dan bentuk dari hasil ini tergantung dari
keinginan si pemakai (user). Untuk penyampaian hasil ini kepada si pemakai maka
diperlukan suatu alat perantara yaitu OUTPUT MEDIA. Output media dalam komputer
bisa berupa : kertas printer.
- KEMAMPUAN MENGKOORDINASI DAN SISTEM OPERASI
Seperti kita ketahui bahwa kita sebagai
unit pelaksana tugas, tidaklah bisa mengerjakan seluruh tugas tersebut dengan
sendiri-sendiri. Biasanya pekerjaan tugas tersebut terbagi-bagi dengan unit
lain yang berhubungan satu dengan lainnya. Jika kita tidak bisa
mengkoordinasikan seluruh unit ini dengan baik, maka kita tidak bisa
mengharapkan suatu hasil yang baik pula. Jadi dalam pelaksanaan tugas tersebut
atau tidaknya kita dalam pemecahan suatu masalah adalah tergantung dari
kemampuan kita dalam mengkoordinasikan baik petugas pelaksana, peralatan serta
hal-hal lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan tersebut. Pada komputer
kemampuan untuk mengkoordinasikan ini kita sebut dengan OPERATING SYSTEM.
Operating system inilah yang akan
mengkoordinasikan seluruh peralatan atau device yang merupakan bagian yang tak
terpisahkan dari suatu sistem komputer.
CARA KERJA DARI SUATU
SISTEM KOMPUTER
Suatu sistem komputer adalah merupakan gabungan
dari beberapa peralatan komputer yang saling berhubungan dan terkoordinasikan
oleh suatu sistem operasi. Sistem komputer bekerja sesuai dengan
instruksi-instruksi yang diberikan padanya melalui Bahasa Pemrograman yang
dikenalnya. Dalam suatu sistem komputer terdapat bagian/peralatan untuk
menerima dan memasukkan data dan instruksi. Alat ini kita sebut INPUT DEVICE.
Data yang dimasukkan melalui input device ini akan ditampung dalam suatu
peralatan komputer yang disebut memory atau storage. Data yang telah berada dalam
storage akan dimasukkan oleh suatu bagian komputer yang kita sebut CPU (Central
Processing Unit). CPU ini terdiri dari Control Unit dan Arithmatic Logical
Unit.
Proses data serta perhitungan-perhitungan
dilakukan oleh arithmatic logical unit sesuai dengan instruksi yang kita
berikan dalam bahasa pemrograman. Setelah proses dan perhitungan dilakukan,
maka selanjutnya akan dikeluarkan melalui OUTPUT DEVICE.
MENGENAL
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER
Sebagaimana kita ketahui bahwa komputer adalah serangkaian
peralatan elektronika yang bergabung/terpadu dan bekerja secara bermacam-macam
serta terkoordinasi oleh suatu sistem operasi.
Seperangkat alat-alat elektronika ini adalah
berupa mesin-mesin/komponen-komponen yang secara lahiriah ada dan bisa dilihat,
peralatan-peralatan/komponen-komponen inilah yang kita sebut dengan ‘COMPUTER
HEARD-WERE’.
Pada umumnya suatu kesatuan peralatan komputer
haruslah terdiri minimal oleh 4 komponen yaitu :
·
Input
device
·
Storage
Unit
·
CPU
(Central Processing Unit)
·
Output
device
Akhir-akhir ini kemajuan teknologi yang terus
berkembang dan kebutuhan orang akan informasi juga bertambah terutama dalam hal
kecepatan penyampaian informasi maka diperlukan suatu alat/komponen lain yang
bisa menyampaikan data/informasi ke dan dari komputer kepada si pemohon secara
cepat pula.
Alat ini kita sebut dengan CCU (Communication
Control Unit) yaitu suatu peralatan yang berfungsi untuk memudahkan/memancarkan
sinyal-sinyal data/perintah dari suatu tempat ke tempat lain atau dari suatu komputer
ke komputer lain dengan jarak yang jauh sekali.
Dengan adanya alat ini maka umumnya
komputer-komputer sekarang inipun selalu melengkapi alat ini sebagai sesatuan
sistem komputernya.
Jadi komponen yang membentuk suatu sistem komputer
sekarang inipun menjadi 5 komponen yaitu :
- Input Device
- Storage Unit
- CPU
- Output device
- CCU (Communication Control Unit)
KONFIGURASI SISTEM
KOMPUTER
Seperti telah disebutkan diatas, ke 5 komponen
atau peralatan itulah yang merupakan konfigurasi dari sistem komputer.
Konfigurasi sistem komputer tersebut kita bisa
gambarkan sebagai berikut :

KETERANGAN
Data/perintah akan masuk melalui peralatan input
(input device). Data/perintah tersebut bisa dimasukkan langsung ke peralatan
input ataupun melalui CCU. Data/perintah itu kemudian dimasukkan ke dalam
memori (tempat penyimpanan) kemudian dari sini data tersebut akan dikirim ke
CPU untuk diolah dan hasil pengolah CPU ini akan dibawa lagi ke memori. Dari
memori hasil-hasil pengolahan CPU ini bisa dikeluarkan sebagai output/hasil
melalui media output (Output Device) atau disimpan saja di memori untuk
digunakan dalam proses selanjutnya.
Seluruh kegiatan pemindahan data,
perhitungan-perhitungan dan lain-lain pekerjaan yang dilakukan oleh komponen/device-device
komputer tersebut akan dikontrol oleh suatu alat yang kita sebut dengan Control
Unit.
INPUT & OUTPUT DEVICE
Input Device adalah suatu bagian/komponen dari
sistem komputer yang berfungsi untuk tempat kita memasukkan data maupun instruksi-instruksi
kepada komputer.
Data maupun instruksi yang kita masukkan ke dalam
komputer adalah data/instruksi yang masih dalam bahasa ataupun kode-kode,
sedangkan mesin komputer hanya mengenal data/instruksi tersebut jika sudah
dalam bentuk kode-kode binar (bit), jadi agar komputer bisa mengenal
data/instruksi-instruksi tersebut, alat inilah yang akan melakukan
terjemahan/konversinya.
Alat-alat Input (Input Device) ini antara lain
adalah
- Card Reader
- Magnetic Ink Character Reader (M.I.C.R)
- Optical Character Reader (O.C.R)
Output Device adalah suatu komponen dari sistem
komputer yang berfungsi untuk tempat mengeluarkan hasil-hasil pengolahan yang
telah dilakukan oleh komputer.
Semula hasil pengolahan komputer ini juga
merupakan kode/simbol yang masih dalam bentuk kode binar (bit), maka agar kita
sebagai pemakai komputer bisa membacanya, simbol binar itu harus dikonversikan
lagi ke dalam bentuk bahasa yang kita kenal. Output device inilah yang
berfungsi melakukan tugas tersebut.
Alat-alat output ini antara lain adalah :
- Printer
- Plotter
- Card Punch
- Dll.
Device-device yang kita sebutkan diatas adalah
device-device yang hanya berfungsi sebagai input saja ataupun sebagai outpu
saja. Ada juga
device-device lain yang bisa berfungsi sebagai input dan sekaligus berfungsi
sebagai outpu, antara lain :
- Magnetic Tape Unit
- Magnetic Disk Unit
- Paper Tape Unit
- Console
- Display Unit
- Card Read Punch
- Dll
MEDIA
PENYIMPANAN
Media penyimpanan atau storage atau memori dapat
dibedakan atas 2 bagian, yaitu :
-
Internal
Storage ( Primary Storage )
-
External
Storage ( Secondary Storage )
INTERNAL STORAGE
Internal Storage adalah storage yang terletak di
dalam atau berhubungan langsung dengan Control Processing Unit.
Storage ini terdiri dari :
- Main Storage
- General Storage
- Control Register
- Floating Point Register
- Relocatable Control Storage
- Buffer
EXTERNAL STORAGE
External Storage adalah storage yang terpisah atau
tidak berhubungan langsung dengan CPU misalnya Magnetic Tape dan Magnetic Disk.
MEDIA PENYIMPANAN YANG
MUTAKHIR
MEMORI DAN MEDIA
Pada tahap pertama memori komputer berwujud ROM
(Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory). Kelemahannya, memori ini
berbentuk chip, dan terbatas kapasitasnya. Isi ROM memang tidak akan terhapus
oleh matinya arus listrik. Tetapi isi RAM akan terhapus bila listrik mati.
Sementara itu, dalam mengoperasikan komputer yang
ingin agar program, data dan hasil kerja komputer dapat direkam dan dapat
diambil lagi sewaktu-waktu. Oleh sebab itu muncul pemikiran perlunya dibuat
media penyimpanan, sebagai perpanjangan dari fungsi memori.
Media penyimpanan kini banyak jenisnya, contohnya
adalah floppy disk, hard disk , CD-ROM.
FLOPPY DISK
Floppy disk adalah media penyimpanan yang terbuat
dari plastik mylar. Plastik tipis ini dilapisi bahan magnetik dan dibungkus
dalam sebuah jaket plastik pula. Terdapat
beberapa ukuran disket, yaitu 8 inci, 5¼ inci dan 3½ inci.
HARD DISK
Hard disk disebut juga fixed disk. Tetapi istilah
Fixed Disk menjadi tidak tepat, karena kini sudah muncul Removable Hard Disk.
Kata hard disk menunjuk pada bahan disknya yang memang keras. Kalau floopy disk
dibuat dari plastik mylar, maka hard disk dibuat dari alumunium dan dilapisi
bahan magnetik.
Hard disk merupakan media penyimpanan yang paling
handal. Keunggulan hard disk dibanding floopy disk adalah pada kecepatann dan
kapasitasnya. Dengan bahan dasar yang kuat, maka hard disk dapat diputar lebih
cepat. Demikian pula lapisan magnetik lebih kompak dan padat.
CD-ROM
CD-ROM ( Compact Disk Read Only Media ) merupakan
salah satu terobosan baru dalam bidang media penyimpanan. Bahan piringan CD-ROM
adalah plat alumunium yang dilapisi bahan semacam chrome yang mengkilat. Disini
tidak dipakan bahan magnetik, melainkan bahan yang memantulkan cahaya.
Dibandingkan dengan hard disk, kecepatan kerja
CD-ROM lebih lambat lima
kali. Hal ini karena cara pengalamatannya yang mirip dengan cara sekuensial.
CD-ROM tepat untuk digunakan dalam penyimpanan
data yang sifatnya permanen, misalnya data base perpustakaan, bank data dan
lain-lain data yang tidak terlalu sering di-update.
MENGENAL STRUKTUR DATA
DAN PENYAJIAN DATA DALAM KOMPUTER
Salah satu hal penting yang tidak dapat
ditinggalkan dalam pemakaian komputer adalah data. Data dapat diperoleh dari
berbagai sumber. Ia dapat diperoleh sebagai hasil pengukuran di laboratorium,
dari hasil survei, angket dan lain-lain. Dengan berbagai macam cara, data
ditransformasi menghasilkan informasi.
Informasi sangat penting, karena memberikan dasar
bagi pembuatan keputusan yang mantap dan ilmiah.
Dalam lembaga dan organisasi, baik bersifat
komersial ataupun industrial, bahkan organisasi yang bagaimanapun bentuknya,
data dipandang sebagai suatu kekayaan yang penting dan mahal. Memang,
kadang-kadang data sulit diperoleh.
Data yang kita miliki, terdiri dari berbagai
jenis. Untuk mengelola data yang bermacam-macam jenis tersebut secara baik guna
menghasilkan informasi pengetahuan mengenai struktur data.
STRUKTUR
DATA
Struktur data adalah suatu koleksi/kelompok data
yang dapat dikarakterisasikan oleh organisasi serta operasi yang didefinisikan
terhadapnya.
Struktur data sangat penting dalam sistem
komputer. Terhadap setiap variabel dalam program, secara eksplisit atau
implisit, didefinisikan struktur data yang akan menentukan operasi-operasi yang
berlaku terhadap variabel tersebut.
Struktur data yang dibicarakan ini merupakan
struktru data logik. Bukan penyajian secara fisik pada storage.
Pada garis besarnya, data dapat kita kategorikan
menjadi :
- Data Type :
- Tunggal, misalnya : Integer, Boolean serta karakter
- Majemuk, misalnya : String (untai).
Data type ini dengan berbagai cara tertentu dapat
diorganisasikan menjadi struktur data.
-
Struktur
Data.
·
Sederhana,
misalnya : Array dan Record
·
Majemuk,
terdiri atas :
-
Linier,
misalnya : Stack, Queue, Linear Linked List
-
Nonlinier,
misalnya : Binary Tree, Binary Search Tree, M-way Search Tree, General Tree,
Graph.
remi.staff.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar